Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Penderita Penyakit ASMA

Banyak yang bertanya apakah benar susu kambing etawa dapat mengobati penyakit Asma? Pada dasarnya manfaat utama dari susu kambing etawa adalah untuk permasalahan gangguan pernafasan seperti halnya ASMA, TBC, dan Flek paru paru. Di kesempatan kali ini kami tertarik untuk mengulas tentang manfaat susu kambing etawa untuk penderita asma.

Menurut penjelasan website alodokter.com Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Yang umum sering di alami oleh penderita penyakit asma adalah sulit bernapas, rasa nyeri pada bagian dada, sering batuk-batuk berkepanjangan, dan di barengi dengan mengi. Asma tidak mengenal usia, dapat menyerang siapa saja baik anak anak muda muda maupun tua.

Beberapa faktor yang dapat memicu penyakit asma adalah asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Lalu apa saja yang umumnya menyebabkan seseorang terjangkit penyakit ASMA? Dibawah ini adalah beberapa penyebab seseorang mengidap asma.manfaat susu kambing untuk asma

Penyebab Penyakit Asma

  1. Infeksi paru-paru dan saluran napas. Infeksi paru paru atau saluran pernafasan biasanya menyerang bagian atas pada bagian saluran napas seperti halnya saat kita sedang flu.
  2. Alergen atau hal hal yang memicu seseorang mengalami alergi. Contohnya adalah bulu hewan yang umumnya lembut / halus contohnya kucing & anjing. Selain itu bisa jadi alergi terhadap tungau debu, dan serbuk bunga. Jadi bagi anda penderita asma, sebaiknya temukan beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya serangan asma. Karena tiap orang pastinya berbeda beda.
  3. Bisa juga dikarenakan oleh adanya Paparan zat di udara. Contohnya seperti yang sudah kita singgung diatas adalah asap rokok. Selain itu bisa juga dikarenakan oleh asap kimia, dan polusi udara (udara yang tidak bersih).
  4. Asma juga bisa di sebabkan oleh adanya Faktor kondisi cuaca yang dingin, lembab atau cuaca yang berangin. Namun harap waspada juga dengna cuaca panas. Karena cuaca panas juga mendukung terjadinya kualitas udara yang tidak bagus. Perubahan suhu yang drastis juga dapat memicu asma.
  5. Yang paling menyebalkan adalah kondisi interior ruangan yang tidak bersih. Lingkungan yang cenderung kotor, berjamur, lembab dan berdebu. Untuk itu ventilasi atau perputaran udara pada suatu ruangan sangat penting untuk di perhatikan.
  6. Kondisi emosional juga kerap kali menyebabkan kambuhnya asma. Jadi bagi penderita asma sebaiknya menjaga untuk tidak Stres. Menjaga suasana Emosi , tidak diperbolehkan memendam kesedihan yang berlarut-larut, terlebih lagi marah marah yang berlebihan. Bahkan tertawa terpingkal pingkal juga tidak di anjurkan.
  7. Olah raga memang menyehatkan akan tetapi bagi penderita asma sangat di tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang berlebih.
  8. Faktor lainya adalah Obat-obatan. Obat obatan jenis pereda nyeri anti-inflamasi nonsteroid (aspirin, naproxen, dan ibuprofen) dan obat penghambat beta (biasanya diberikan pada penderita gangguan jantung atau hipertensi).  Untuk hal ini silahkan di konsultasikan dengan dokter ahli agar mendapatkan informasi yang lebih terarah.
  9. Beberapa Makanan atau minuman yang wajibt untuk di pantang oleh penderita asma adalah selai, udang, makanan olahan, makanan siap saji, minuman kemasan sari buah, bir, dan wine. Jika memilikiAlergi terhadap makanan sebaiknya juga dihindari, misalnya kacang-kacangan.

Waspadai Gejala Awal Asma

Berikut ini adalah berbagai gejala asma yang bisa kita pelajari, sebagai bentuk untuk deteksi dini sebelum melakukan pencegahan dan pengobatan pada gangguan Pernafasan. Satu hal yang perlu di perhatikan jika kemungkinan gejala yang dirasakan semakin berat sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Berikut ini adalah gejala awal penyakit asma yang perlu untuk di waspadai.

  • Gangguan tidur yang berkepanjangan, dan sepanjang malam terasa gelisah. Yang umumnya berujung sters.
  • Nafas berangsur angsur menjadi kurang nyaman, terutama diarasakan pada saat sesak nafas atau nafas yang berat
  • Batu batuk kecil yang terjadi selang beberapa lama.
  • Tubuh di rasakan semakin mudah lelah, letih dan lesu. Terutama pada saat melakukan aktivitas di siang hari.
  • Mengalami depresi, sedih, dan mudah tersinggung. Emosional yang cenderung tidak terkontrol
  • Terasa sakit pada tenggorokan, hidung meler, hidung tersumbat dan semua gejala seperti serangan influenza.

Pencegahan Penyakit Asma

Menjaga sirkulasi udara

Seperti yang sudah kita bahas diatas lingkungan yang tidak bersih, berjamur dan kotor menajadi penyebab timbulnya penyakit asma. Untuk itu dengan menjaga sirkulasi udara pada ruangan rumah kita, lingkungan kantor kita setidaknya dapat menjegah timbulnya Jamur. Sirkulasi udara yang baik akan memberikan suana ruangan yang sejuk pula. Biasakan untuk menjaga ruang kamar mandi dalam keadaan bersih dan kering.

Hindari produk produk berbahan kimia

Gas yang berasal dari pembersih rumah tangga, contoh nya produk cairan pembersih kaca yang disemprotkan. Gas atau cairan kimia yang disemprotkan jika terhirup dalam jangka waktu yang lama dapat juga mengakibatkan asma yg disebabkan oleh alergi..

Jaga kebersihan tempat tidur dan kamar tidur

Berapa kali anda menjemur bantal kasur guling selimut? Ternyata hal yang simple juga dapat mencegah terjangkitnya asma. Jika tidak rajin menjaga kebersihan kamar tidur kususnya tempat tidur, maka sangat rentan untuk bersarangnya tungau, Seperti yang kita tahu tungau menjadi salah satu penyebab asma. Rutin menjemur kasur dan mencuci sarung bantal guling atau sprei dan selimut. Paling tidak seminggu sekali. Dengan cara sederhana paling tidak kita sudah berusaha untuk mengurangi kelembaban serta menjegah jamur tumbuh.

Apabila anda memiliki binatang peliharaan, sebaiknya jangan membiarkan untuk berada di tempat tidur atau furnitur lainnya seperti sofa. Karena Bulu hewan peliharaan juga dapat memicu terjangkitnya asma. Kususnya bulu kucing dan juga anjing yang cenderung halus.

Rajin membersihkan karpet dan mainan anak-anak

Karpet dan mainan anak contohnya boneka menjadi tempat yang banyak di hinggapi debu. Debu juga menjadi salah satu penyebab terjadinya asma. Untuk itu dengan langkah sederhana rajin membersihkan karpet / sofa / maian anak seperti boneka setidaknya sudah mengurangi resiko asma. Anda bisa menggunakan vakum cleaner untuk membersihkan debu yang sangat lembut.

Sedia obat obatan pereda asma

Apabila saat ini anda sudah menderita penyakit asma, sebaiknya selalu sedia obat obatan pereda asma kemanapun anda pergi. Barangkali bisa di masukan kedalam tas sehingga kemanapun anda pergi dan saat asma kambuh dapat segera teratasi.

Rutin Mengkonsumsi Susu Kambing Etawa

Dengan rutin mengkonsumsi susu kambing etawa dipercaya dapat mencegah penyakit gangguan pernafasan seperti asma, tbc, flek paru paru & bronkitis. Selain itu susu kambing etawa juga dapat mengobati asma jika di minum secara rutin. Anjuran untuk terapi pengobatan penderita asma adalah 3x sehari yaitu pagi, siang dan malam. Banyak yang bertanya berapa lama bisa sembuh, sebenarnya ini adalah pertanyaan yang saya rasa tidak mungkin bisa di jawab, sama halnya dengan kita berobat ke dokter dan dokter memberikan obat lalu kita bertanya berapa banyak obat dokter yang bisa saya minum sampai saya bener bener sembuh? Tentunya setiap individu berbeda beda tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh masing masing. Saran kami adalah rutinlah mengkonsumsi minimal 2 bulan, jika dirasakan ada perbaikan maka lanjutkan, jika dirasa tidak ada perubahan ke arah yang membaik silahkan cari alternatif pengobatan lainnya. Yang jelas tugas kita hanyalah berusaha dan berdoa, dengan terapi pengobatan susu kambing etawa yang tentunya alami tanpa bahan kimia di harapkan dapat mengobati penyakit asma.

Hindari Merokok

Asap rokok adalah musuh terbesar bagi penderita asma. Bagi anda yang merokok sebaiknya berhenti mulai sekarang, jika anda bukan perokok sebaiknya juga sebisa mungkin menghindari asap rokok dari orang di sekitar kita. Menyingkir kalau bisa.

Kontrol hati dan pikiran

Hati dan pikiran wajib untuk kita jaga. Karena pikiran dan emosi yang tidak terkontrol dapat menimbulkan stress dan stress adalah sumber dari berbagai macam penyakit. Terlebih lagi Emosi dan rasa khawatir yang intens dapat memperburuk gejala asma.

Olah raga kecil / ringan

Olah raga juga penting, akan tetapi jika anda sudah mengidap asma sebaiknya jangan melakukan olahraga yang memerlukan aktivitas berat. Lakukanlah olahraga kecil atau ringan untuk menghindari resiko gangguan asma.

Itulah beberapa informasi seputar penyakit asma, baik gejala, faktor penyebab asma, pencegahan serta pengobatan penyakit asma. Cara tradisonal serta alami untuk pencegahan & terapi pengobatan bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi susu kambing etawa.

Keunggulan Susu kambing di sisi lain tidak memicu terjadinya reaksi asam. Susu kambing tidak akan meningkatkan produksi dari mucous atau lendir pernafasan dan tenggorokan. Mengkonsumsi susu kambing berbeda dengan susu sapi karena tidak memiliki resiko terjadinya serangan asma. Berdasarkan informasi yang kami sadur dari optimumchoices.com, susu kambing etawa tidak hanya cocok untuk mereka yang asma melainkan cocok juga bagi anda yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

 

 

Leave a Reply